Bagai Tetesan Air Hujan

Hiduplah sekali namun berguna bagi sesama, setelah itu jemputlah Syurga

Inilah 7 Alasan Tidak Menegakkan Sholat

Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.”

(QS Ad Dzariyat : 56)

Jadilah kamu orang yang bersemangat di dalam menunaikan sholat wajib tepat pada waktunya secara berjama’ah, maka apabila waktu sholat telah dekat, bersegeralah untuk berwudlu, dan janganlah boros dalam menggunakan air.

Apabila muadzin telah mengumandangkan adzan, maka menghadaplah kiblat, dan sholatlah qobliyah, lalu duduklah dengan tenang dan tentram sampai ditegakkannya sholat, sholatlah berjama’ah dengan khusyu’.

Dan ketika sholat sesungguhnya engkau sedang bermunajat dengan Rabbmu dan kamu berdiri dihadapan-Nya, maka hati – hatilah dengan bisikan syaithan, janganlah tertawa – tawa dihadapan Allah, hindarisibuknya hati kepada selain bermunajat dengan-Nya.

Jika telah selesai sholat wajib, maka sholatlah ba’diyah dan berdoalah kepada Allah dengan doa – doa yang mudah bagimu dan doa – doa kebaikan dan banyaklah minta ampun kepada Rabbmu serta mintalah kesuksesan kepada-Nya, sesungguhnya Dia adalah Maha Pemberi Rizki lagi Maha Mengetahui.

Beberapa hal berikut ini adalah alasan orang – orang yang enggan menegakkan sholat, kitakah didalamnya?

1.Belum tahu syarat dan rukunnya

Kepada anda yang beralasan demikian, kemana anda selama ini? Bukankah disekitar anda tersedia buku – buku panduan sholat yang lengkap? Bukankah disekitar anda banyak orang – orang yang siap membantu anda dengan ikhlas agar bisa sholat tanpa menghina atau mencemooh anda karena tidak bisa sholat?

Oleh karena itu belajarlah saudaraku, karena belajar itu adalah seumur hidup kita sebagaimana perintah Rosulullah“ Tholabul ‘ilmi minal mahdi ilal lahdi”, menuntut ilmu itu dari engkau masih di buaian ibumu sampai engkau dibaringkan di liang lahat. Maka tidak ada kata terlambat, tidak ada kata sudah tua, dan tidak ada kata malu untuk menuntut ilmu, karena shahabat Nabi pun memeluk islam ketika mereka sudah tua dan mereka tidak merasa terlambat, dan merasa malu untuk menuju Rabbnya..

2.Nggak punya waktu, sibuk bekerja

Kepada anda yang beralasan demikian, Berapa banyakkah waktu yang diminta Tuhanmu untuk engkau menghadap-Nya. Bandingkanlah dengan waktu yang telah Dia sediakan untukmu. Bandingkan waktu 24 jam sehari dengan 25 menit sehari untuk engkau ruku dan sujud 5 kali dihadapan-Nya. Bukankah selama waktu kerjamu ada waktu istirahat? Bukankah KKB telah menjamin anda untuk bebas beribadah? Dan bukankah atasanmu tidak mempermasalahkanmu ketika engkau minta ijin untuk menegakkan sholat?

3.Akan sholat, saat umur sudah 50-an

Kepada anda yang beralasan demikian, bahwasanya setiap jiwa pasti akan mati. Dan sampai hari ini tidak ada orang yang tahu kapan ia kan mati, nanti malamkah, sebulan lagikah atau saat umur 70-kah? Lantas jika Izroil menjemput anda ketika belum memiliki bekal amalan sholat. Apakah anda bisa meminta penangguhan?

Maka, segeralah sholat ketika nafas belum sampai ke tenggorokan, ketika nyawa masih bersatu dengan jasad, ketika belum datang kiamat kecil pada diri kita. Karena ketika ia datang, maka segala penyesalan sudah tidak berguna, segala usaha sudah tidak bermakna dan segala do’a penangguhan tidak akan diijabah-Nya.

4.Nggak usah sholat, yang penting baik hati

Kepada anda yang beralasan demikian, Sudahkah engkau mendengar sabda Rosulullah : “Tiada jarak antara seorang hamba dengan kekufuran kecuali meninggalkan sholat. Apabila meninggalkannya maka ia syirik” (HR Ibnu Majah dan Suyuthi). Dan berapa banyakkah perintah Allah dalam Al Qur’an agar engkau sholat?Apakah dengan tidak mengerjakan sholat engkau dengan terang – terangan mendeklarasikan dirimu untuk menjadi kafir? Sungguh suatu kerugian ketika engkau telah berada dalam gemerlapnya cahaya iman kemudian beralih menuju kepada gelapnya kesesatan dan kejahilan.

Wahai saudaraku, menjadi baik bukanlah satu – satunya tujuan Islam, karena disana ada kewajiban – kewajiban sebagai tanda tunduk dan berserahmu kepada Allah. Dan sholat selain sebagai tiang agama, ia juga adalah pencegah dari perbuatan dosa dan mungkar.

5.Sholat nggak ada manfaatnya

Kepada anda yang beralasan demikian, pahamilah bahwa kedudukan sholat dalam Islam bagaikan kepala atas jasad. Ia juga penyejuk jiwa bagi yang menegakkannya, penenang hati dan penghubung antara hamba dengan Tuhannya. Ia adalah tangga yang mengantarkan ruh orang – orang yang sarat dengan cinta menuju Rabbnya. Dialah kilatan bagi orang – orang yang yang ingin menerangi jiwanya.

6.Sedang sakit

Kepada anda yang beralasan demikian, bukankah Tuhanmu telah mensyariatkan kepadamu untuk sholat dengan berbagai keadaan. Jika engkau tidak bisa berdiri maka duduklah, jika tidak bisa maka berbaringlah, jika tidak bisa maka engkau boleh menggunakan isyarat. Bukankah Tuhanmu tidak menyulitkanmu?

Oleh karena itu segeralah berwudlu untuk tunaikan kewajibanmu. Mintalah Allah untuk menyembuhkanmu dan menjadikan sakitmu sebagai pelebur dari dosa – dosamu yang telah lalu. Karena itu lebih baik bagimu jika engkau mengetahui.

7.Malas

Kepada anda yang beralasan demikian, malaskah engkau memasuki syurga yang luasnya seluas langit dan bumi? Malaskah engkau untuk beristerikan bidadari? Dan malaskah engkau untuk merasakan nikmat yang di dunia tidak pernah engkau temui? Dan mengapakah engkau bergairah untuk bersegera ke neraka-Nya dengan melanggar perintah-Nya?

Oleh karena itu bangkitlah segera, buanglah kemalasan dalam dada. Segera sambut seruan-Nya untuk ruku dan sujud dalam cinta kepada-nya. Ucapkanlah selamat tinggal kepada kemalasan yang memang tidak berguna, bahkan menjerumuskanmu ke dalam siksa neraka.

Wahai saudaraku muslim, anda paham sekarang, maka yakinlah sebelum segala aktivitas kita yang lain, adalah memperbaiki sholat. Wallahu’alam bish showwab.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 18 April 2007 by in Islam and tagged .
%d blogger menyukai ini: